Resep Makanan Enak? Jangan Melakukan Kesalahan Ini

Diposkan oleh haribest on Jumat, 09 Mei 2014

"Resep Makanan Enak? Jangan Melakukan Kesalahan Ini" : Resep masakan memang merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan cita rasa makanan yang enak karena resep makanan ini menyangkut racikan bumbu, cara memasak dan tidak boleh melakukan kesalahan yang akan membuat rasa tidak memiliki taste. Adakalanya di dapur terjadi kesalahan kesalahan saat memasak yang menjadikannya rasa dari masakan tersebut tidak terlalu menggugah selera. Kesalahan kesalahan yang terjadi tersebut tentunya harus dapat minimalisir atau bahkan dihindari agar masakan memiliki tingkat rasa yang berkelas dan khas. Untuk menghindari kesalahan tersebut tentunya harus diketahui terlebih dahulu kesalahannya apa. Nah, kesalahan yang umum terjadi pada saat memasak yang menjadi masakan tidak terlalu menggairahkan lidah antara lain adalah :

  • Panci Yang Terlalu Dingin
Hal ini biasanya terjadi pada saat anda memasak daging olahan atau steak di atas penggorengan. Jangan takut untuk memanaskan wajan sebelum anda memasak daging tersebut toh anda dapat mengecilkan api atau mendinginkan kembali wajan tersebut. Jika wajan kurang panas akan menjadikan daging lengket dan tidak mengeluarkan warna. Olesi minyak sebelum anda memanaskan wajah.

  • Ikan Yang Terlalu Matang
Kelezatan ikan akan hilang pada saat anda memasaknya terlalu matang. Jika anda memasak ikan dengan benar, ikan tidak akan jauh berbeda dengan pada saat ikan tersebut masih mentah. Pastikan saat membeli ikan ini merupakan ikan yang memiliki mata masih segar, dalam kondisi bersih dan insangnya masih merah.

  • Sering Dibolak Balik
Khusus untuk steak, pastikan anda meletakan daging di wajan dan jangan menyentuhnya hingga waktu yang tepat untuk membaliknya. Seringnya membolak balik daging akan menghambat kematangannya. Gunakanlah api yang tepat dan memasaklah sesuai dengan waktu agar anda tidak penasaran untuk melihat kondisi daging yang sedang dimasak.

  • Masakan Terlalu Penuh
Hal ini yang sering terjadi karena pada saat anda memasak dengan resep masakan cenderung tidak memiliki perkiraan akhir atau anda tidak dapat memperkirakan jumlah keseluruhan masakan yang dicampur hingga akhirnya akan menjadikan jumlah masakan banyak dan penuh. Jika anda memasak terlalu penuh, kematangan masakan tidak akan sempurna.

  • Pisau Yang Tumpul
Pisau yang tumpul ini akan menjadikan makanan yang akan dimasak tidak terkupas atau terpotong dengan sempurna. Selain itu, pisau tumpul ini akan sangat berbahaya sehingga akan menimbulkan kecelakaan.

  • Bumbu Yang Sudah Kering
Pastikan bumbu bumbu yang anda gunakan merupakan bumbu yang masih segar dan menghindari bumbu bumbu yang telah kering kecuali rempah rempah yang memang harus kering. Karena bumbu yang kering tidak akan menghasilkan rasa yang anda inginkan. Hal ini juga berlaku untuk sayur sayuran sehingga anda harus membeli sayu sayuran yang masih segar.


Pastikan juga semua resep yang anda pakai merupakan resep terpercaya dan bumbu bumbu tertakar dengan sempurna. Pastikan juga peralatan dapur yang anda gunakan merupakan peralatan yang berkualitas sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan pada saat memasak.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar